Meliza Rafdiana, biasa dipanggil Liza. Memiliki latar belakang Ilmu Komunikasi, berkecimpung selama 7 tahun dalam bidang kesiapsiagaan bencana, khususnya pada pendidikan publik. Pada tahun 2006 – 2010, Liza bergabung bersama LIPI dalam program kesiapsiagaan berbasis sekolah sebagai Koordinator Kesiapsiaagan Sekolah yang berjudul Children Science Support, sebuah inisiatif yang mempromosikan pendidikan kebencanaan di sekolah-sekolah yang berada di daerah-daerah yang rawan gempa bumi dan tsunami di Indonesia. Pada tahun 2010 – 2012 Liza bergabung di TDMRC (Tsunami dan Disaster Mitigation and Research Center) dalam program pelatihan masyarakat di Aceh, dimana Liza menghasilkan beberapa buku dan alat pembelajaran. Selama perjalanan karirnya, Liza sudah menulis berbagai panduan dan buku pembelajaran, misalnya “Cerita Dari Maumere” dan bahan ajar “Children Science Support” yang hingga saat ini masih menjadi acuan bagi para praktisi kebencanaan lainnya.

Sebelum bergabung di PREDIKT, Liza merupakan Account Executive di sebuah perusahaan kreatif desain, Box Breaker, berperan krusial untuk memahami keinginan klien dalam menyampaikan konten-konten pengetahuan kedalam desain kreatif yang dapat dipahami masyarakat, salah satunya adalah membuat materi kampanye Literasibersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saat ini Liza sedang mendalami komunikasi science melalui berbagai kegiatan bersama para penggiat kebencanaan dan peneliti muda di Indonesia.

Leave a Reply